Selamat Datang di www.update-Pendidikan-Pengetahuan.Blogspot.com- Blog Berbagi Informasi Seputar Pendidikan dan Pengetahuan- Semoga Bermanfaat

Wisata Bogor dan Sekitarnya


Assalamualaikum wr.wb.  Wisata Bogor dan Sekitarnya. Pada kesempatan ini izinkan saya berbagi pengetahuan dan wawasan tentang tempat-tempat wisata di Indonesia. Indonesia adalah negara yang kaya dengan tempat wisatanya yang telah terkenal seantero dunia ini. Sebut saja Pulau Bali dengan keindahan pantainya dan budayanya, gunung bromo dengan keindahan gunungnya, gunung rinjani, Tanah Toraja, Tangkuban Parahu di Bandung Jawa Barat, Raja Ampat di Propinsi Papua dengan keindahan bawah lautnya dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu diartikel ini. Penulis  mencoba menguraikan satu persatu tempat yang ada di Indonesia, mengingat sangat banyaknya tempat wisata yang ada di Indonesia kita mulai saja dari propinsi Jawa Barat tepatnya tempat wisata yang ada di kota dan kabupaten Bogor. Mungkin dalam pikiran kita tempat wisata yang ada dikota bogor yaitu Taman Safari dan Kebon Raya Bogor. Sebenarnya masih banyak pilihan tempat wisata yang ada dikota dan kabupaten Bogor yang dapat anda kunjungi bersama keluarga ataupun teman dikantor ataupun perusahaan.

 

1. Danau Lido

Danau Lido menawarkan untuk Anda hamparan danau jernih dan berbagai jenis hiburan untuk semua anggota keluarga. Berlokasi di antara dua buah gunung (Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango), danau ini berair jernih dan bisa dilakukan sepeda air, speedboat, atau yang lebih unik dan tradisional adalah menggunakan rakit yang terbuat dari bambu (getek) yang dibuat menarik dengan gambar naga. Selain itu, Anda dapat menyeberang menuju pulau kecil yang berada di tengah danau untuk bersantai atau mengisi perut. Berbagai makanan disajikan, mulai dari jagung bakar, kelapa muda dan makanan lain ditemani dengan udara sejuk pegunungan

Bagi Anda yang hobi memancing, pengelola menyediakan lokasi memancing yang luas. Selain itu, sarana outbond tersedia di sini di antaranya adalah flying fox yang bisa memacu adrenalin. Di lokasi wisata ini juga tersaji olahraga udara yang dikelola Lido Aero Club, dengan olahraga udara seperti terjun payung, aeromodeling, paramotor (parasut dengan motor), paralayang, dan swayasa. Selain itu terdapat landasan pacu yang cocok untuk pendaratan pesawat kecil dan pesawat latih.
Jika Anda ingin bermalam, disini juga tersedia Lido Lakes Hotel, yang telah berdiri sejak tahun 1935. Fasilitasnya yang unik adalah Terrain Vehicle (ATV) yang menyerupai motor besar untuk berjalan-jalan mengelilingi hutan lindung.

Lokasi: Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
.

2. Batu Tulis Ciaruteun
 Secara geografis terletak pada koordinat 106°41'28,5"BT dan 06°31'39,9" LS dengan ketinggian 320 m di atas permukaan air laut. Di kawasan ini terdapat tiga buah prasasti, yaitu Ciaruteun, Kebon Kopi (Tapak Gajah) dan Muara Cianten, serta tinggalan megalitik antara lain batu dakon, menhir, batu datar arca megalitik.

Situs Ciaruteun terletak ± 19 km sebelah barat daya dari Kota Bogor, dapat dicapai dengan kendaraan roda empat ataupun roda dua hingga ke lokasi. Dapat menggunakan trayek Bogor-Ciampea-Simpang Lebak Sirna-Ciaruteun Hilir (lokasi). Selain itu mengunakan trayek Bogor-Ciampea (± 45 menit), dan sampai di Persimpangan Lebak Sirna dilanjutkan dengan ojek motor ± 1,5 km sampai ke lokasi.
Prasasti Ciaruteun diketahui berdasarkan laporan pimpinan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen pada tahun 1863 M, ditemukan terletak Sungai Ciaruteun, kira-kira 100 meter ke arah hilir muara Cisadane. Karena ditemukan pada alur Sungai Ciaruteun, prasasti ini dikenal dengan nama Prasasti Ciaruteun.
Prasasti Ciaruteun ditulis dengan huruf Palawa dalam Bahasa Sangsakerta sebanyak 4 baris masing-masing 8 suku kata Bunyi bacaannya :

Isi :
vikkrantasy avanip ateh
^rimatah purnnavarmmanah
tarumanagarendrasya
vishnoriva padadvayam

Terjemahannya:
"(Bekas) dua kaki yang seperti kaki Wisnu itu adalah kaki Yang Mulia Sang Purnawarman, raja di negeri Tarumanegara, raja yang gagah berani di dunia ".

Dalam prasasti ini terdapat 2 telapak kaki yang yang disamakan dengan dengan tapak kaki Dewa Wisnu.
Berdasarkan isi prasasti dapat diketahui tiga hal yaitu: nama kerajaan Tarumanagara, nama raja Purnawarman dan (mungkin) dewa yang dipujanya Wisnu. Tidak ada tanda-tanda yang menunjuk lokasi keraton. Hanya saja dapat dipastikan, daerah tempat ditemukannya tentu termasuk kawasan Tarumanagara. Prasasti ini tidak memuat tanggal dan dari bentuk tulisan diperkirakan dibuat pada abad ke-5 M.
Prasasti berada tidak jauh dari dalam Kota Bogor, dan kawasan telah menjadi milik pemerintah, dan telah ditata lingkungannya serta prasasti ini dari masa Kerajaan Tarumanegara dari abad ke- 4-5 yang cukup langka, maka sangat potensial apabila dijadikan sebagai objek wisata budaya, khususnya bagi pelajar atau mahasiswa.

3. Taman Buah Mekar Sari

Tempat wisata ini mungkin sudah banyak dikenal masyarakat. Bagi Anda penggemar buah-buahan, Taman Buah Mekarsari bisa menjadi pilihan rekreasi. Taman berbentuk seperti daun Lamtorogung ini mempunyai luas kurang lebih 290 Ha.
Taman dengan pemandangan yang indah ini dilengkapi dengan berbagai macam koleksi hayati yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Salah satu bangunan berarsitektur listplank paling menarik di dunia, yang menjadi salah satu ikon Taman Wisata Mekarsari yang terkenal di seluruh dunia, juga dapat Anda nikmati.

4.    Kampoeng Wisata Cinangneng
       Yang menarik Anda berkunjung ke desa ini  adalah kebiasaan dan adat istiadat masyarakat desa yang sampai sekarang masih tetap terpelihara, seperti pagelaran wayang kulit, tarian adat Sunda, hidangan khas kampung, serta upacara dan ritual bertani dan berkebun dapat dijumpai secara lengkap dari zaman ke zaman. 

Selain itu, kehidupan harmoni yang eksotik di desa ini juga menjadi daya tarik, yang membuktikan bahwa tradisi dan modernisasi dapat berdampingan dan terpelihara dengan baik. Selain menawarkan keindahan dan pesona alam, seperti pegunungan, sungai, kebun, dan indahnya hamparan petak sawah yang menjalin indah, flora dan faunanya, serta kombinasi antara kegiatan alami pedesaan dengan program-program wisata budaya yang menarik, menyehatkan, serta dapat diikuti oleh semua orang, tempat ini pun menyuguhkan berbagai aktifitas yang sangat mendidik bagi keluarga.
Ini dapat dirasakan dan dinikmati dengan tawaran yang disuguhkan seperti bagaimana cara menanam, memelihara dan mendapatkan hasil dari berbagai tumbuh-tumbuhan yang hidup tanah dengan alam pedesaan.

Fasilitas: guest house dengan AC, kamar mandi, shower dengan air panas dan air dingin, serta tersedia televisi, rumah makan, program tour Poelang Kampoeng berkeliling desa dengan cara berjalan kaki, dan pembelajaran lain seperti bermain angklung & menyanyi lagu Sunda, belajar menanam/ menggarap/ memanen padi, memandikan kerbau, bermain ala permainan anak desa, berekreasi dengan huruf dan warna diatas caping (topi petani), membungkus nasi timbel, membuat wayang dari daun singkong, belajar tari jaipong dan belajar main gamelan, membuat kue bugis atau kue putu, Ronda Kampoeng, yang merupakan bagian dari paket yang ditawarkan oleh Kampoeng Wisata, yaitu Anda akan berkeliling desa pada malam hari sambil membawa kentongan dan sekaligus disuguhi dengan paket-paket menarik lainnya

Masih terdapat Tempat Wisata Bogor dan Sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi. Untuk tempat wisata Bogor lainnya akan di sampaikan pada postingan berikutnya. Semoga ulasan ini bermanfaat. Terimakasih



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Bogor dan Sekitarnya"

Posting Komentar