Selamat Datang di www.update-Pendidikan-Pengetahuan.Blogspot.com- Blog Berbagi Informasi Seputar Pendidikan dan Pengetahuan- Semoga Bermanfaat

Benarkah Permainan Sepak Bola Mengandung Nilai Pendidikan karakter ?





Benarkah Permainan Sepak Bola Mengandung Nilai Pendidikan Karakater ? Pendidikan karakter, sesuatu yang akrab, terutama bagi pendidik. Beberapa kesulitan yang timbul dalam pendidikan karakter yaitu umumnya kurang dapat dipahami, dan selalu diidentikkan dengan kepribadian seseorang.
 
Pendidikan karakter sesuatu yang sebenarnya tidak muluk - muluk atau sulit. Pendidikan karakter sudah ada di mana - mana baik lingkungan keluarga, lingkungan sosial, lingkungan sekolah, tempat hiburan, dan banyak lagi. Bahkan pendidikan karakter juga dapat dilakukan dalam berbagai kegiatan, dan berkorelasi dengan semua kegiatan termasuk olahraga dan kali ini kita akan belajar sesuatu yang penting tentang karakter inti pendidikan sepakbola.
 
Pada dasarnya tujuan dari pendidikan karakter adalah memberikan arahan tentang aturan hidup dan lingkungan sosial disertai dengan konsekuensi yang berlaku didalamnya. Saat lahir anak tidak memiliki konsep sosial. Oleh karena itu, anak-anak perlu tahu bagaimana aturan - aturan yang ada di dunia ini.  

Lalu bagaiman hubungan permainan sepak bola dengan penanaman pendidikan karakter ?  Permainan sepak bola adalah suatu kondisi atau contoh yang sangat mudah untuk dipahami dengan kondisi di sekolah dan rumah, dalam sepak bola sudah berlaku aturan yang sangat dasar dan jelas. Ada aturan dan konsekuensi. Jika melanggar ada kartu kuning (peringatan), kartu merah (keluar dari permainan), tendangan bebas, penalti, tendangan sudut, bahkan denda moneter untuk pemain dan tim.
 
Dalam permainan sepak bola pemain inti dalam pertandingan adalah wasit. Bayangkan jika dalam pertandingan sepak bola tidak ada wasit, kemungkinan besar  pertandingan sepak bola yang kita lihat,  bisa saja menjadi tontonan gratis perkelahian antar pemain di lapangan.
 
Pada dasarnya pendidikan karakter sangat penting. Melalui pendidikan karakter, karakter anak dipersiapkan untuk kehidupan berikutnya. Dan dalam hidup, ada aturan yang menunggu. Di sinilah sepak bola memainkan ke dalam wadah latihan mematuhi aturan-aturan dalam rangka membangun karakter peserta didik.Seorang anak-anak yang bermain sepak bola dan menjadi akrab dengan aturan permainan, maka karakter akan terbentuk. Bagaimana pelanggaran yang dihukum dengan kartu kuning, penalti dan hukuman lainnya. Kemudian dalam kehidupan, anak-anak terbiasa bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan memiliki konsekuensi.
 
Kita juga perlu tahu bahwa pendidikan karakter tidak hanya - mata memberikan pengetahuan, tetapi menetapkan aturan dan konsekuensi di sekolah dan di rumah. Misalnya, dalam peraturan sekolah: anak-anak tidak membawa buku pelajaran akibatnya dihukum di depan kelas atau mendapatkan tugas tambahan. Ini harus jelas dan konsisten, dan dikomunikasikan kepada semua pihak, termasuk orang tua. Contoh lain adalah jika kita melanggar aturan lalu lintas maka jelas kita akan mendapat tiket. Peraturan ini konsisten dan semua masyarakat Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor sudah tahu aturan-aturan ini. Ini adalah dasar dari pendidikan karakter. Ada aturan yang jelas dan konsisten.
 
Setelah membaca uraian diatas anda dapat menyimpulkan Benarkah Permainan Sepak Bola Mengandung Nilai Pendidikan Karakater. Terimakasih. Semoga Bermanfaat
.










Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Permainan Sepak Bola Mengandung Nilai Pendidikan karakter ?"

Posting Komentar